5 Wisata Air Terjun di Bali, Lokasi dan Tiket Masuk

Posted on

Bali sudah pasti terkenal dengan wisata pantainya yang bagus dan menawan. Banyak turis dari berbagai negara pergi ke Bali karena keindahan wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata air terjun Bali. Banyak sekali air terjun yang ada di Bali dengan suasana yang masih asri dan juga air nya yang jernih dan sejuk. Beriku adalah beberapa daftar wisata air terjun yang ada di Bali.

Wisata air terjun Bali yang sayang dilewatkan

Air terjun Nungnung

Source Instagram @gustuweda

Wisata air terjun yang pertama bisa Anda coba di Bali adalah air terjun Nungnung. Air terjun ini berlokasi di Hutan Kera tepatnya di desa Belok ke arah Sangeh. Jika Anda dari pusat Kota Denpasar, maka dibutuhkan sekitar satu jam karena jaraknya sekitar 50 kilometer.

Untuk bisa mencapai air terjun tersebut Anda harus melewati sekitar 500 anak tangga karena air terjun ini letaknya ada di bawah jurang. Memang membutuhkan fisik dan juga mental yang Tangguh karena lokasinya yang cukup jauh. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu sekitar 50 meter.

Pemandangan di sekitar air terjun juga sangat indah karena dikelilingi oleh hamparan sawah. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau yaitu hanya Rp 7.500 saja per orang.

Air terjun Tegenungan

Instagram @air_terjun_tegenungan

Wisata alam air terjun di Bali selanjutnya yang juga bisa Anda nikmati adalah air terjun Tegenungan. Air terjun ini juga menjadi salah satu air terjun dengan pemandangan indah yang ada di desa Tegenungan, Kabupaten Gianyar.

Lokasi dari air terjun ini sekitar 16 kilometer dari pusat kota Denpasar dan membutuhkan waktu sekitar setengah jam menggunakan kendaraan pribadi. Ketinggian air terjun ini juga tidak terlalu tinggi yaitu hanya 15 meter saja, sehingga aman untuk Anda yang ingin berenang.

Untuk Anda yang menukai olahraga cliff jump, maka Anda bisa melakukannya di air terjun ini. Hal ini karena air terjun ini dikelilingi dengan batuan tebing. Selain itu di dekat air terjun ini juga ada pura suci yang biasa digunakan penduduk sekitar untuk meditasi. Harga tiket masuk untuk ke tempat wisata ini cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000 saja per orang.

Air terjun Dusun Kuning

Instagram @bryan.petreli

Air terjun ini berlokasi di daerah taman Bali. Untuk bisa sampai ke sana Anda bisa menggunakan berbagai transportasi sekitar 1 jam lamanya dari kota Denpasar. Ketika Anda sudah sampai di daerah wisata Taman Bali, selanjutnya Anda bisa menanyakan lokasinya pada penduduk setempat dan mengikuti plang nama saja.

Untuk harga tiket masuknya tidak dipungut biaya atau gratis, Anda hanya perlu membayar uang parkir untuk kendaraan saja. Dari tempat parkir kendaraan Anda bisa berjalan kaki menuruni jalan yang ada sekitar 300 meter.

Wisata air terjun ini masih tergolong sepi karena tidak banyak dikunjungi oleh orang luar, oleh karena itu lokasi dan suasananya juga masih sangat asri dan alami. Hal yang juga unik dari air terjun ini adalah banyaknya kera yang ada. Jadi Anda bisa memberi makan kera juga.

Air terjun Aling-aling

Instagram @theendlessadventure

Air terjun di Bali selanjutnya adalah air terjun Aling-aling. Air terjun ini berlokasi di desa Sambangan, jaraknya sekitar 80 Km dari Kota Denpasar dan 11 Km dari kota Singaraja. Oleh karena itu agar Anda bisa sampai dengan cepat, Anda bisa berangkat dari kota Singaraja. Untuk mencapai air terjun ini Anda bisa bertanya pada warga lokal yang nantinya akan memberikan petunjuk jalan untuk Anda.

Air terjun ini cukup tinggi yaitu sekitar 35 meter dengan bentuk yang unik dimana di bagian puncaknya akan terbagi menjadi dua. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan juga tebing-tebing yang cukup tinggi. Untuk Anda yang suka dengan olahraga ekstrem, Anda bisa mencoba merosot dari ketinggian 12 meter. Air terjun ini juga tidak dipungut biaya atau gratis.

Air terjun Melanting

Source Instagram @hoeppner.daniel

Air terjun Bali yang terakhir adalah air terjun Melanting. Air terjun ini berlokasi di kecamatan Banjar, lebih tepatnya di Desa Munduk. Air terjun ini berada di dalam hutan sehingga Anda juga harus melewati hutan agar bisa mencapainya.

Salah satu hal yang unik adalah lokasi dari air terjun ini berada di tengah kebun teh dan kebun kopi, sehingga udara yang dihasilkan juga cukup segar. Tiket masuk air terjun ini sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *