5 Wisata Air Terjun di NTB, Lokasi dan Tiket Masuk

Posted on

Nusa Tenggara Barat ternyata tidak hanya terkenal dengan wisata kepulauan dan juga pantainya yang indah. Jika ditelusuri lagi, NTB juga memiliki wisata alam berupa air terjun yang indah dan memesona. Berikut adalah wisata air terjun NTB yang memukau dengan keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan.

Daftar rekomendasi tempat wisata air terjun NTB

Air terjun Sendang Gile
Instragram @shiftabdulghani

Air terjun pertama yang bisa Anda nikmati jika pergi ke NTB adalah air terjun Sendang Gile. Air terjun ini berlokasi di Desa Senaru, kabupaten Lombok Utara. Tempat wisata air terjun ini juga masih menjadi satu lokasi dengan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani oleh karena itu bisa menjadi pilihan wisata satu paket. Air terjun ini bahkan juga menjadi pintu untuk para pendaki yang ingin ke gunung Rinjani.

Air terjun ini dinamakan Sendang Gile karena berawal dari warga sekitar yang ingin mengejar singa gila. Singa gila tersebut lari ke dalam hutan dan ditemukanlah air terjun ini. Harga tiket masuk ke tempat wisata air terjun ini juga sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 saja per orangnya.

Air terjun Benang Kelambu
Instagram @alexa__fortin

Wisata air terjun NTB yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berlokasi di Desa Aik Berik dimana letaknya ada di kaki gunung Rinjani. Hal yang unik dari air terjun ini adalah airnya keluar dari sela-sela 6 pohon Gambung. Air terjun ini dinamakan dengan Benang Kelambu karena suaranya yang keluar tidak terlalu bising seperti kelambu.

Air terjun ini memiliki dua kelompok air yang ada di kawasan Benang Kelambu. Tingginya sekitar 40 meter dengan jumlah tingkatannya sekitar 2 hingga 3 tingkatan. Titik yang ada paling atas kemudian akan jatuh pada titik yang ada di bawahnya dimana terdapat 3 batu yang ceper. Dengan adanya batu ceper ini membuat hantaman dari air yang ada di atasnya tidak terlalu kuat. Harga tiket untuk pergi ke air terjun ini cukup murah yaitu Rp 10.000 saja.

Air terjun Mata Jitu
Instagram @jelajahtrip

Air terjun Mata Jitu merupakan air terjun yang juga bisa Anda kunjungi jika pergi ke NTB. Air terjun ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal di Pulau Moyo dengan air terjun Lady Diana. Lokasinya berada di Desa Oiramu, daerah Sumbawa. Dinamakan dengan air

terjun Lady Diana karena memang Lady Diana pernah berkunjung ke air terjun ini. Anda bisa secara langsung mandi di bawah guyuran air terjun ini.

Air terjun ini memiliki 7 kolam dengan warna air yang kehijauan. Sehingga sangat cocok juga digunakan untuk berfoto. Untuk sampai ke tempat ini dari Desa Labuan Aji, Anda bisa menggunakan sepeda motor sekitar 20 saja. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk pergi ke air terjun ini sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per orang.

Air terjun mangku sakti
Instagram @richo_kyle

Air terjun di NTB selanjutnya adalah air terjun Mangku Sakti. Air terjun ini terletak di Desa Sajang daerah kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini dikelilingi dengan tebing batu berwarna putih dengan ketinggian air terjunnya hingga 30 meter.

Di bawahnya terdapat kolam dengan air berwarna putih kehijauan karena kandungan belerangnya. Sehingga cocok untuk digunakan berendam jika Anda memiliki penyakit kulit. Harga tiket masuk untuk air terjun ini sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 saja per orang.

Air terjun Tiu Teja
Instagram @bale_gerupuk

Air terjun NTB terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah air terjun Tiu Teja. Air terjun ini berlokasi di Desa Santong daerah Lombok Utara. Jaraknya sekitar 60 Km jika dari kota Mataram. Air terjun ini terletak di tengah hutan Gunung Rinjani dengan ketinggian air mencapai 40 meter sehingga suasananya juga masih sangat asri dan sejuk. Bahkan keindahan dari air terjun ini termasuk yang terindah di NTB. Harga tiket masuk air terjun ini juga sangat terjangkau yaitu Rp 10.000.

Nah, itulah beberapa tempat wisata air terjun yang berlokasi di NTB, cocok untuk objek liburan melepas penat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *